Tambang Emas Gunung Botak Banyak Menolong Kehidupan Masyarakat Buru Serta Masyarakat Dari Luar Daerah

1,177

Liputan Buru- Permasalahan Tambang Emas Ilegal yang Berada di Desa Persiapan Wamsait, Kecamatan Waelata. Kabupaten Buru Menimbulkan ancaman bagi Ekonomi Masyarakat yang Mengais Rezki di tambang tersebut.

Pasalnya, Untuk meningkatkan ekonomi dan memenuhi kebutuhan Kelurga serta membenahi Ekonomi, Masyarakat telah menggantungkan hidup mereka di sana. Bukan hanya itu, Tabang Emas juga dinilai membantu masyarakat disaat masa-masa Pendemu Covid-19.

Meskipun tambang emas tersebut belum bersatus Legal namun pada kapasitas tambang tersebut Saat ini Telah membantu kehidupan Masyarakat yang bagitu banyak. Sehingga nilai positif yang di ambil perlu di Sikapi Dengan Realita yang terjadi saat ini.

Permasalahan ini di sikapi Praktisi Hukum. Rifal Kau. Dirinya Mengatakan Tambang Emas yang berada di Gunung Botak merupakan suatu ladang Rahmat Tuhan yang di Anugrahkan Kepada Negara serta masyarakat khususnya bagi Masyarakat di Pulau Buru, kerna sejauh ini tambang tersbut banyak membantu menyelamatkan Masyarakat dari kemiskinan. Bukan saja masyarakat Daerah ini yang merasakan Hasilnya, melainkan masyarakat dari luar daerah juga dapat mengais rezeki di tambang itu.

"Kita liat diri realita yang ada saat ini, semua masyarakat menggantungkan kehidupan mereka disana, kerna sebagian besar masyarakat dinasa mereka awalnya berkebun, namun kebun mereka sudah menjadi Area tambang, mau tak Mau mereka harus jadikan itu seperti kebun merekah Untuk mengais Rezeki, apa bilah saat ini tambang tersebut di hentikan, kami yakin hati mereka ter'iris karena dapat mengganggu perekonomian mereka", Katanya, kepada Media liputan.Buru.co.id. Kamis (11/08/22).

Selain itu, Tambang Emas tersbut apabilah di lihat dari sisi Lingkungan hidup dari penggunaan B3, sehingga mengakibatkan pencemaran lingkungan dan kerusakan lingkungan, Hal itu bukan menjadi alasan untuk memutuskan Ekonomi masyarakat yang ada di sana, Bagaimana di ketahui dari seluruh Tambang Emas yang ada di Indonesia di daerah lain Seperti di Kalimantan dan Papua tentu menggunakan bahan kimia untuk pengolahan, akan tetapi kesejahteraan masyarakat perlu di Utamakan.

"Dimanapun aktifitas tambang emas pasti menggunakan bahan tersbut, dan pasti berpengaruh pada lingkungan, akan tetapi untuk Tambang emas di Gunung Botak yang merupaka skalah kecil ini yang mana memenuhi kelangsungan ekonomi Mereka masyarakat, maka hal ini perlu di apresiasikan, tidak mungkin sampai setingkat yang Buruk akan terjadi di sana, Kalimantan yang merupakan tambang besar dan sudah lama tidak sepeti yang terjadi di sini, berbagai intervensi yang tidak mengedepankan perekonomian Mayarakat".jelasnya 

Apabila di lihat dari penerapan Penegakan Hukum untuk tambang emas tersebut, semua masyarakat yang melakukan kegiatan pertambangan adalah pelaku, Namun Masyarakat Buru disana hanya mengais rezeki untuk kehidupan Meraka.

"Kalo bicara tentang Hukum dan aturan maka semua adalah pelaku aktiftas tambang emas, apabila mau ada tindakan maka semua Disana harus di tindak, dan jangan tembang Pilih, tetapi ini mereka hanya masyarakat kecil yang mencari makan, Sedangkan Negara Pun bahkan membantu dalam pemulihan Ekonomi bagi Masyarakat", Tutupnya